6 Langkah Makeup Bagi (bukan) Pemula

6 Langkah Makeup Bagi (bukan) Pemula

Kata siapa dandan itu repot?

Kata saya.

Tapi ternyata juga menyenangkan.

Tanggal 3 November 2016 saya mendapat kesempatan hadir di acara Complexion Makeup Workshop with Vinna Gracia. Acara yang digagas oleh blossom.shine ini diadakan di Amos Cozy Hotel.

Sebenarnya saya rada malu buat datang, habisnya saya jarang dandan. Kalo dandan ke luar rumah hanya pake bedak powder, blush on, eyeliner dan lipstik. Udah itu aja. Bahkan kalo ke pesta hanya nambah pake bb cream aja sebelum bedakan. Kalo ada MUA yang ngeliat isi tas makeup saya, dia pasti bakal ketawa 3 hari 3 malam. Besoknya semaput. 

Ya gimana dong, buat beli produk perawatan wajah aja ku tak mampu banyak-banyak padahal pengin banget ikutin 10 step skincare ala-ala Korea yang lagi booming, apalagi buat beli peralatan makeup. Mending dialokasiin buat kebutuhan anak. #orangmiskinberalibi

Pas nyampe di lokasi, para peserta workshop yang lain datang dengan peralatan makeup yang lengkap. Istilahnya, mau pergi perang dengan perlengkapan tempur yang canggih. Sedangkan saya hanya lenggang kangkung. Malunya dari rada malu naik ke malu banget. Mana cuma saya sendiri pula yang bawa anak.

BWAHAHAHAHAHA…

Pilihan lokasinya cukup menyenangkan dan intim. Ruangan meeting di Amoz Cozy Hotel yang kecil membuat suasana berasa private workshop. Ambience ruangan juga sesuai nama hotel, cozy. Peserta yang datang juga gak banyak, hanya ada 16 kursi yang disediakan. 

Acara dimulai terlebih dahulu dengan doa dari MC yang backsound-nya entah pada nyadar apa enggak adalah instrumen lagu rohani yang sering banget dinyanyiin di gereja. Tapi karena hanya instrumen jadinya terdengar romantis. 

Ada beberapa sponsor produk yang turut berpartisipasi dalam acara ini, sebut saja Wardah, Wet Brush, Lisse, dan Lamica. Di antara produk di atas saya cuma familier sama Wardah doang. Wkwk.

Masing-masing sponsor ikut membuka acara dengan memperkenalkan produk masing-masing. Seperti Wardah, saya baru tahu kalo Wardah ternyata melahirkan produk perawatan untuk pria juga. Dari parfum, deodorant sampai pembersih muka.

Selanjutnya ada Wet Brush yang adalah produk perawatan rambut. Sisir mereka benar-benar fantastik. Gimana enggak, dari rambut yang kusut masai pas disisir pake sisir dari Wet Brush eh langsung lurus rapi. Sisir merangkap catokan. Ada juga produk sisir untuk anak-anak.

Setelah pengenalan produk sponsor, acara utama dimulai. Kebetulan emang Mbak Vinna datang sedikit telat. Duh, Mbak Vinna, ikrib yes.

Perkenalannya gak pake basa basi. Vinna langsung memulai tutorial complexion makeup. Kali ini dia ngajarin step by step heavy makeup, yang biasa dipake ke pesta atau photoshoot.

Ada 6 langkah yang saya catat plus tips-tipsnya. Tips-tipsnya menurut saya sangat membantu sekali bagi pemula yang sama sekali buta soal dandan. Mana saya paling lain sendiri hari itu. Yang lain datang sambil bawa makeup lengkap, trus langsung praktik. Saya malah nyatat sambil ngawasin anak yang nulis di samping saya. 

Step 1

Gunakan moisturizer, primer, lalu foundation.

Siapa yang step 1-nya udah begini?

Saya malah gak pernah pake moisturizer. Pakenya pas selesai hapusin makeup. Ternyata salah, ya.

Bagi yang gak tahu apa itu primer (kayak saya). Face primer merupakan alas dasar wajah sebelum penggunaan foundation. Kebanyakan face primer berwarna bening seperti serum dan bertekstur sedikit oily

Face primer memberikan perlindungan pada kulit wajah agar elemen -elemen dalam makeup gak langsung masuk ke dalam jaringan kulit. Sehingga mencegah pori-pori wajah membesar serta munculnya jerawat.

Pantes pori-pori area hidung saya makin gede. Step dandan saya salah banget. Hahaha…

Untuk makeup hari itu, foundation yang digunakan adalah liquid dan cream. Keduanya dicampur sampai menyatu dan teksturnya menjadi halus. Untuk meratakan foundation gunakan kuas yang ujungnya membulat. Bisa juga menggunakan beauty blend.

Saya baru tahu kalo untuk dandan kuasnya banyak sekali.

Hayo, siapa lagi yang gak tahu kalo ternyata ada banyak kuas yang fungsinya berbeda-beda dalam makeup. Ayo jangan malu ngacung bareng saya. *kuper ngajak-ngajak*

Vinna sendiri lebih nyaman menggunakan kuas atau jari daripada beauty blend. Dalam tahap ini foundation harus di-blend sampai benar-benar kering di wajah.

Ada beberapa tips foundation dari Vinna:

  • Gunakan foundation yang lebih gelap dari warna kulit wajah.
  • Foundation  digunakan sampai leher agar warna wajah merata.
  • Untuk pemakaian kuas saat foundation, harus sering ditekan pada wajah agar hasilnya bagus. 

Kata Vinna, jangan takut untuk memakai makeup tebal atau complexion heavy. Apalagi bagi mereka yang berkulit kombinasi dan berminyak. Sedangkan untuk kulit normal, tidak apa-apa menggunakan makeup tipis tapi biar stunning harus main di mata.

Step 2

Penggunaan concealer.

Concealer tidak digunakan merata pada wajah. Cukup highlight di beberapa bagian seperti mata, jidat, hidung dan dagu. Kuas yang digunakan juga lebih kecil dan berwarna terang. Penggunaan kuas juga sama seperti pada foundation, harus selalu ditekan agar pigmentasinya keluar. Tapi juga harus hati-hati sekali agar foundation-nya tidak bergerak. Karena dalam makeup kalo ada kesalahan akan susah sekali untuk diperbaiki. Bahkan bisa-bisa harus dimulai kembali dari awal.

Step 3 

Contouring.

Ada dua varian contour, cream dan powder. Untuk area tulang pipi, pelipis dan jidat, Vinna memakai cream. Sedangkan untuk jawline menggunakan powder agar hasilnya lebih halus. Contour cream juga dipilih warna yang lebih gelap dari warna kulit wajah.

Contouring ini dimaksudkan untuk membentuk wajah sesuai dengan yang kita inginkan. Ingin jidatnya keliatan kecil, hidung jadi mancung, dagu lancip, dsb.

Sumber: @blossom.shine IG

Saat contouring Vinna memilih meratakan dengan jari karena lebih bisa dikontrol daripada penggunaan kuas.

Untuk contour pada area hidung agar terlihat mengecil, Vinna memulainya dari cuping hidung bukan dari batas antara hidung dan alis.

Saat memakai contour powder, Vinna memilih 3 warna. Medium, lebih terang dari kulit dan gelap. Contour powder di-set ke daerah yang sudah di-highlight pada step 2. Penggunaan contour powder agar kulit telihat licin. Pemakaiannya saat di pipi harus banyak sedangkan di hidung sedikit.

Pake warna medium untuk menyatukan antara contour dan highlight. Semua area tersebut harus kena powder. Setelah selesai, cek lagi jika masih perlu untuk menambah contouring.

Hal yang krusial dalam step ini, setelah powder tidak boleh ada pemakaian cream. Itu akan sangat merusak makeup.

Step 4

Bronzer.

Sering lihat kan ada yang dandan hasilnya terlalu putih banget kek mayat? Nah, langkah keempat ini diperlukan biar wajah yang di-makeup keliatan jadi manusiawi.

Bronzer yang dipakai adalah warna warm yang ditaruh di atas contour. Diaplikasikan secara tipis saja.

Yang perlu diingat adalah contouring itu two tones sedangkan bronzer itu one tone.

Step 5 

Blush

Siapa yang suka make blush on dari depan ke atas? Teknik Vinna ternyata dari tulang pipi kemudian ditarik ke depan.

Step 6

Highlighter.

Last but not least step adalah highlighter. Karena ini belum masuk ke makeup mata dan bibir.

Highlighter fungsinya untuk mempercantik hasil makeup pada wajah. Penggunaan highlighter membuat kulit terlihat segar, cerah dan memberi dimensi.

Highlighter yang digunakan adalah warna keempat dari warna kulit. Vinna memakai highlighter shimmer agar kulit terlihat glowing.

Kalo dibaca dari 6 langkah di atas kok kayak mudah ya? Tapi kalo diaplikasikan pasti gak semudah yang dibaca. Tapi ilmu yang saya dapat hari itu sangat membantu dan memudahkan saya yang sama sekali masih amatir dalam hal dandan.

Semoga info yang saya dapat ini juga bisa berguna bagi teman-teman yang lain.

2 thoughts on “6 Langkah Makeup Bagi (bukan) Pemula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s