Cara Mengubah Domain WordPress dan Ekspor Impor Isi Blog

Cara Mengubah Domain WordPress dan Ekspor Impor Isi Blog

Semalam saya membuat blog baru. Jadi kalo dihitung-hitung, udah ada 3 blog saya. Dua di WordPress dan satu lagi di Blogger. Aduh…

Rada pusing sih kalo tahu ada 3 blog yang harus saya urusi. Diri aja kadang gak keurus.

Lah, kok malah curcol, Mb? 

Tuh, kan… saya ini emang ambivert. Mood semula mau nulis apa eh malah bablas bahas apa? Tsk.

Sebentar, saya udah bilang belum kalo blog ini domainnya udah dotcom? Bukan lagi lagangkata.wordpress.com melainkan lagangkata.com.

Ihirrr… *tebar-tebar confetti*

Maaflah kalo rada norak. Maklum, setelah hampir enam tahun ngeblog, domain saya cuma yang free. Semalam bikin baru dan langsung ubah domain. Azeg!

Nah, saya mau bahas gimana cara mengubah domain di WordPress. Caranya gampang banget, kok. Cuma butuh akun sama… kartu kredit.

Kalo gak ada kartu kredit, mungkin bisa dibikin dulu di bank (?). Kalo udah jadi kartu kreditnya baru saya mulai tutorialnya. *kelamaan kali, Mb*

Langkah-langkah untuk mengubah domain.

Saat akun udah dibuat, atau sudah punya akun sebelumnya. Lihat di sidebar, cari Domains lalu klik add.
image

Setelah itu klik lagi Add Domain.
image

Klik di antara satu, mana yang ingin dijadikan domain. Contoh: naztaaa.com atau naztaaa.net.
image

Kemudian isi informasi lengkap Anda.

image

Setelah mengisi semua informasi, klik  Add Privacy Protection. Tapi kalo mau datanya dibaca semua orang bisa klik tab di bawahnya.

Saya sih suka main rahasia-rahasiaan aja. ^^
image

Sekarang sampailah kita pada fungsi penggunaan kartu kreditnya.
Caranya cuma mengisi sesuai nama pemegang kartu kredit. Kalo saya, sih, make kartu kredit punya suami.

Dan saya belum bilang juga ke dia. Yawlaaaa…

image

Oh iya, CVV itu, tiga digit di belakang CC ya. Kayak di bawah ini…
image

Setelah memasukkan semua data dari kartu kredit dengan benar, bakal ada pemberitahuan kalo kita disuruh nunggu 72 jam untuk pengaktifan domain yang kita beli.

Punya saya beberapa menit saja udah bisa dipake domainnya. Udah langsung berubah jadi lagangkata.com. Ahey!

See, gampang dan mudah. Walau rada mahal karena hitungannya dollar. *krai*

Kalo mau harga lebih murah, banyak situs yang nyediain domain dengan harga terjangkau. Atau kalo emang fakir hratisan, cari aja lomba yang hadiahnya domain gratis. Ehe he…

Simpel kan?

Wait, postingan ini belum kelar. Masih mau bahas tentang bagaimana cara mindahin isi blog.

Karena isi blog naztaaa tadinya campur-campur, saya bikin lagangkata buat misahin isinya. Naztaaa khusus buat fiksi, dan lagangkata dikhususkan buat nulis nonfiksi.

Bagaimana sih cara mindahin isi blog?

Kalo blognya sesama WordPress, caranya sangatlah gampang.

Dari Dashboard buka Tools dan klik Export.

Pilih yang free. Lalu klik Start Export.
image

Pilih konten apa yang ingin diekspor. Kalo saya memilih Posts.
image

Masukan kategori apa saja yang akan diekspor. Isi semua sesuai yang diminta. Misalnya seperti punya saya, short story.
Lalu klik Download Export File.
image

Tutup akun kita yang ini, lalu buka akun yang ingin diisi dengan postingan yang telah kita ekspor.

Caranya masih sama dengan Export. Buka Tools, namun kali ini klik Import.
image

Karena data yang diekspor dari WordPress maka pilih juga WordPress.
image

Pilih data ekspor yang sudah kita download tadi. Lalu tunggu…
Biasanya cuma 5-10 menit. Notifikasinya juga akan langsung masuk di email.
image

Selesai deh.

Ganti domain dan Ekspor Impor data di WordPress cuma mudah, kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s